Friday, June 10, 2011

TUGAS WAWANCARA PENGANTAR ANTROPOLOGI


gambar diambil dari sini

Tanggal wawancara    : 25 Maret 2009
Narasumber                 : Bapak Kardiman
Profesi Narasumber     : Tukang becak

Hasil Wawancara
Mira     : Pak sudah lama menjadi tukang becak?
Bapak  : Lumayan mbak, sudah sekitar 14 tahun.
Mira     : Wah lama ya pak, kenapa kok memilih jadi tukang becak?
Bapak  : Soalnya nggak ada kerjaan lain mbak, dulu sudah pernah coba-coba mulung tapi bayarannya nggak seberapa. Terus punya uang dikit saya belikan becak.
Mira     : O, sekarang umurnya berapa, Pak?
Bapak  : Wah saya sudah tua ini mbak, sudah 57 tahun. Anak saya sudah besar-besar semua.
Mira     : Anaknya berapa pak?
Bapak : Anak saya tiga, laki-laki dua, satu perempuan. Anak laki-laki saya dua-duanya kerja di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), yang perempuan jadi buruh pabrik.
Mira     : Memang narik seharian dapat uang berapa pak?
Bapak  : Ya nggak tentu mbak, kadang kalo sedang rame ya sekitar 50.000an lah, bapak sudah tua nggak bisa narik sering-sering, jadi kadang kalo sudah capek ya dikasihin temen penumpangnya.
Mira     : Anak bapak nggak bantuin keuangan bapak?
Bapak  : Yah wong sama-sama susah mbak, yah kadang kalo kepepet sekali minta bantuan anak, tapi namanya orang tua kalau bisa cari sendiri ngapain minta-minta sama anak, wong anak saya juga punya keluarga yang harus ditanggung
Mira     : Kalo sedang nggak narik, sambil nunggu penumpang biasanya bapak ngapain?
Bapak  : Ya ngobrol sama orang-orang itu, tidur, kalo nggak gitu ya rokokan mbak.
Mira     : Gini ini narik sampai jam berapa?
Bapak  : Sampai malem mbak, tergantung dapetnya berapa sih, kalo sudah dapat uang, lumayan sore sekitar magrib saya pulang, tapi kalau belum dapat uang ya harus nunggu sampai malam.
Mira     : Istri bapak bekerja juga?
Bapak  : Nggak, istri saya dirumah jagain cucu-cucu saya, dulu pernah nyoba jualan gorengan di deket rumah tapi kena gusuran mbak, ya sudah sekarang sudah punya cucu banyak yah dirumah saja jagain cucu.
Mira     : Kalo mau ngomongin harapan nih pak, harapan bapak apa untuk kehidupan bapak selanjutnya?
Bapak  : Yah pokoknya keluarga saya sehat-sehat semua, lancar rezekinya, cucu-cucu saya pinter-pinter sekolahnya biar nggak sama kayak bapak sama mbahnya ini.
Mira     : Wah mulianya hati bapak, terima kasih pak atas waktunya.

Kesimpulan
            Berbicara dengan Bapak Kardiman membuat saya terharu, apalagi saat membicarakan harapan beliau yang sangat sederhana. Sebagai orang yang telah merasakan asam garam kehidupan harapan beliau sangatlah mulia. Beliau hanya ingin keluarganya sehat-sehat selalu, rezeki keluarga mereka lancar dan cucu-cucunya menjadi orang-orang sukses. Melihat realitas ini, yang terjadi di Indonesia adalah fenomena status quo, dimana orang kaya selalu berusaha untuk mempertahankan kekayaannya dan orang miskin secara pasrah dalam garis keturunan turun-temurun menjadi orang miskin karena tidak adanya daya untuk merentaskan kemiskinan yang membuat mereka tertutup akses dalam banyak hal terutama pendidikan. Maka orang kaya akan tetap kaya dan yang miskin setia dan abadi dalam kemiskinannya. Tapi jangan salah, ada orang-orang yang berpotensi dapat bangkit dari keterpurukannya, menjadikan kemiskinan sebagai pelajaran hidup dan bekal dalam meniti masa depan. Orang-orang inilah yang akan jadi pemenang, dan patut kita contoh kegigihannya seperti yang dialami Mario Teguh sang motivator terkenal. Mario Teguh dulu hanyalah orang miskin yang bahkan pernah menggoreng tempe dengan air karena kemiskinan yang melanda keluarganya. Tapi beliau mampu bertahan dan menjadikan kemiskinan sebagai sahabat hidup yang senantiasa memberinya motivasi untuk maju dan pada akhirnya ia meraih sukses yang gilang gemilang. Inilah kekuatan keyakinan, kegigihan, dan kesabaran. Kita teladani orang-orang disekitar kita dari lapisan masyarakat manapun. Maka kita akan senantiasa bergelimang motivasi untuk berjuang dalam hidup kita.                      

No comments:

Post a Comment