Friday, September 16, 2011

UTS: PEMIKIRAN POLITIK BARAT


UJIAN TENGAH SEMESTER (HI UNAIR 2008)
Semester Gasal 2009
Mat kuliah: SOP-241 Pemikiran Politik Barat (A&B)
Hari, tanggal: Senin, 2 Oktober 2009
Pukul: 09.30-11.00
Penguji: Dr. Dwi Widyastuti, Hari Fitrianto, Fahrul Muzaqqi
1.     Jika Aristoteles meletakkan demokrasi sebagai pilihan terakhir (terburuk) dalam klasifikasi mengenai negara yang baik dan negara yang buruk. Coba Anda jelaskan demokrasi yang didefinisikan oleh Aristoteles, berikut argumentasinya?
2.     Pada tahun 410, Kerajaan Romawi yang sangat besar, tumbang dengan dampak yang dramatis pada peradaban dunia. Coba Anda jelaskan bagaimana pendapat St. Agustinus terhadap fenomena kehancuran Kerajaan Romawi, dan kaitannya dengan konsep negara Surgawi dan negara Duniawi?
3.     Semangat Renaisance adalah menggugat dogmatika gereja, sehingga semangat pengetahuannya adalah menolak supremasi kekuasaan/ pengetahuan yang didasarkan pada zat-zat yang transeden (Tuhan). Selain itu, pembaharuan juga menjiwai semangat gerakan itu. Sebutkan tawaran metodologi yang benar-benar baru dikenalkan pada studi politik oleh Machiavelli?
4.     Semangat anti depotisme yang diusung Montesqueiu tentu sangat mempengaruhi pemikirannya ketika dia merumuskan prinsip separation of power, dimana kekuasaan oleh Montesqueiu dibagi dalam tiga kamar yang meliputi eksekutif, legislative, dan yudikatif. Separation of power ini dimaksudkan agar tiap lembaga mampu melakukan check and balance. Sebutkan asumsi dasar dan implikasi dari separation of power?
5.     Bagaimana perbedaan da ketertarikan karakteristik pemikiran politik barat dari era Yunani dan romawi klasik (yang direpresentasikan oleh Plato dan Aristoteles), Abad Pertengahan (yang diwakili oleh Agustinus dan Aquinas), dan Abad Pencerahan (yang ditandai oleh model pemikiran Machiavelli dan para pemikir sezaman maupun sesudahnya)?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment