Friday, September 16, 2011

UAS: PEMIKIRAN POLITIK BARAT


UJIAN AKHIR SEMESTER
SEMESTER GASAL 2009/ 2010

MATA KULIAH : SOP-241 PEMIKIRAN POLITIK BARAT (A&B)
HARI, TANGGAL : SENIN, 11-01-2010
PUKUL : 09.30-11.00
TEMPAT : A-302, A-303
PENGUJI : DWI WNDYASTUTI, HARI FITRIANTO, FAJRUL MUZAQQI
SIFAT : TERTUTUP
PETUNJUK: ANDA DIPERKENANKAN UNTUK MEMILIH 4 SOAL YANG TERMUDAH MENURUT ANDA, DIANTARA KEENAM SOAL DI BAWAH INI
  1. Consensus bisa dikatakan sebagai salah satu kata kunci dalam pemikiran politik Pencerahan (Aufklarung). Ini terlihat dalam kontrak sosial yang dirumuskan oleh Hobbes, Locke, dan Rosseau pada konteks state of nature, dimana kelahiran sebuah negara ditandai kohesi sosial yang didasarkan pada kesepakatan bersama. Dalam karya-karyanya Rosseau, consensus juga dilibatkan dalam rumusan demokrasi langsung dan kehendak umum. Coba anda jelaskan keterlibatan consensus dengan demokrasi langsung dan kehendak umum yang dirumuskan oleh Rosseau?
  2. Dalam hingar binger Aufklarung yang ditandai kelahiran pemikir-pemikir rasionalis dan empiris dalam konteks perlawanan terhadap dogmatika gereja dan terjadinya Revolusi di Perancis dan Inggris dalam konteks perlawanan massa terhadap otoritarian, terdapat arus pemikiran politik yang didasarkan pada romantisme dengan kekaguman terhadap masa lampau dan sikap curiga terhadap setiap perubahan tatanan sosial. Arus pemikiran ini disebut juga sebagai konservatisme politik, salah satunya adalah Edmund Burke. Coba anda jabarkan prinsip dari paradigm konservatisme politik, berangkat dari reaksinya terhadap penalaran abstrak dari pencerahan, dan juga refleksinya atas revolusi Perancis dan Inggris?
  3. Untuk memahami teori Hegel tentang negara harus dikaji dengan melihat belakang idenya tentang roh absolute dan dialektika. Jelaskan teori negara Hegel beserta implikasinya terhadap kebebasan individu dan juga demokrasi?
  4. Ada dua tokoh pemikir yang mempengaruhi Marx, yaitu Hegel dan feurbach. Dari Hegel Marx mengambil dialektika untuk mencanggihkan analisis kelasnya. Bahkan gerak peradaban menurut Marx tidak lepas dari proses dialektis. Jelaskan proses perkembangan Kapitalisme dan Komunisme menurut prinsip dialektika Marx?
  5. Feminisme adalah pemikiran dan aksi yang berawal dari kesadaran dan kepedulian atas diskriminasi yang terjadi pada kaum perempuan. Sebutkan yang menjadi asumsi dasar dan preskripsi dari Feminis Liberal?

No comments:

Post a Comment